Selasa, 06 Februari 2024

Sumber Makanan Baik untuk Tubuh



Berikut adalah jenis-jenis makanan yang baik dan bermanfaat untuk tubuh: 

1. Protein



Protein merupakan salah satu zat penting yang berfungsi sebagai pembangun bagi tubuh. Saat tubuh kekurangan protein maka tubuh akan menjadi tidak stabil dan rentan terhadap banyak jenis penyakit. beberapa penyakit yang timbul akibat kurangnya asupan protein dalam tubuh antara lain adalah rambut mudah rontok, warna kulit yang berubah, luka yang lama sembuh, kurang cairan dalam tubuh, gangguan pencernaan, gangguan liver serta daya tahan tubuh yang menurun. 


2. Ikan 


Ikan merupakan salah satu bahan makanan sehat yang bagus dikonsumsi karena mengandung protein, asam amino, vitamin, omega-3 serta mineral yang bagus untuk tubuh. Memgonsumsi ikan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi gangguan penyakit jantung. Bukan hanya itu, namun konsumsi ikan juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh menjadi lebih baik, alhasil tubuh anda pun akan semakin energik. 


3. Makanan peningkat energi

Mengonsumsi jenis makanan ringan atau mungkin camilan bisa dilakukan pada tiap beberapa jam sekali, mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun intensitas yang sering ternyata lebih baik dibandingkan dengan mengonsusmi makan besar sehari 3 kali. Metode ini dilakukan untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sekaligus untuk meningkatkan kinerja otak dengan nutrisi. Alhasil otak pun akan semakin aktif.



Jenis makanan yang memiliki GI rendah dapat memberikan anda lebih banyak energi karena dapat menjaga kadar gula dalam darah. Ada banyak makanan sehat yang dapat anda gunakan untuk menunjang penambahan energi harian anda seperti biji-bijian, buah serta kacang-kacangan. 



4. Hindari junk food

Semakin lama produksi junk food dengan segala macam bentuk dan rasa yang beragam mampu menggugah selera sehingga susah untuk dihindari. Konsumsi junk food tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk jangka waktu yang panjang. Junk food mampu membuat tubuh tidak fit dan beresiko terkena banyak masalah kesehatan. Alhasil kondisi fisik pun menurun.



Menghindari junk food dapat dilakukan dengan banyak cara terutama dengan memasak makanan anda sendiri di rumah. Memasak makanan yang dibuat di rumah tentu jauh lebih sehat daripada anda harus mencari makanan di luar. Banyak makanan di luar sana yang diberi tambahan zat-zat tertentu untuk membuat orang tertarik membelinya. Meski menarik namun kandungannya yang berbahaya tentu tidak bagus bagi kesehatan tubuh anda. 


5. Buah lemon

Lemon terkenal sebagai bahan pembuat minuman yang enak diseduh dengan air panas ataupun dicampur dengan es. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi pemasok antioksidan yang bagus bagi tubuh. Vitamin C dalam lemon berperan sebagai pencegah masuknya bakteri serta kuman yang mampu membahayakan kesehatan tubuh.



Mengonsumsi lemon tidak hanya menghindarkan anda dari masalah kesehatan namun ketika anda dalam keadaan sakit pun, penyembuhannya juga akan menjadi lebih cepat. Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya mengonsumsi lemon dengan cara menyeduhnya menggunakan air hangat.

Selain berperan dalam membantu menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit dan baik untuk penyembuhan, lemon juga merupakan detoksifikasi yang alami. Jus lemon yang dikonsumsi teratur, mampu meningkatkan buang air kecil sehingga mampu membantu tubuh dalam membuang racun dalam tubuh. Mengonsumsi air hangat dengan lemon di pagi hari, juga membantu jalannya proses pencernaan dalam tubuh. Daya tahan tubuh kuat dengan lemon, tentu membuat kekuatan fisk anda menjadi lebih baik.


6. Bawang putih

Bagi anda yang terserang flu, fisik anda akan menjadi lebih lemah dan yang pasti kerjaan yang tengah anda lakukan pun akan terbengkalai. Mengonsumsi bawang putih terutama dalam keadaan mentah bisa jadi pengusir flu yang ampuh. Meski rasanya kurang nyaman saat terkena lidah, namun khasiat bawang putih tidak perlu diragukan lagi.



Bawang putih juga mengandung antioksidan yang bagus dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai solusi cepat dalam membunuh virus penyebab sakit flu. Di dalam bawang putih, juga terkandung zat baik yang bernama allicin. Zat ini berguna untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Kelebihan bawang putih ternyata cukup banyak  tidak hanya sebagai antibakerti melainkan juga untuk merangsang produksi sel darah putih yang memiliki peran sebagai pelawan kuman penyakit. Jika tidak kuat dengan rasanya, anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurnya ke dalam mie atau sup. 


7. Coklat

Cara meningkatkan kemampuan sekaligus kesehatan fisik lainnya adalah dengan cara mengonsumsi coklat. Coklat berguna untuk menenangkan pikiran serta mengandung antioksidan konsentrat. 


Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.



8. Bayam


Bayam mengandung folat yang cukup tinggi yang berguna dalam mencegah kerusakan DNA serta gangguan pada pembuluh darah. Mengonsumsi bayam secara aktif dapat menjaga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Alhasil tubuh akan terasa lebih fit dan segar. Di dalam bayam, juga terkandung vitamin C, serat, antioksidan serta beragam jenis nutrisi lainnya. Anda bisa mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah atau direbus dulu sebentar.


9. Brokoli


Satu lagi sayuran hijau yang baik dalam menjaga kesehatan serta kesehatan tubuh adalah brokoli. Di dalam brokoli terkandung zat yang baik bagi tubuh. Bukan hanya mengandung vitamin C sebagai antioksidan, di dalam brokoli juga terkandung banyak zat baik lainnya seperti glutathione serta vitamin A. 



10. Semangka


Buah dengan warna merah dan daging yang mengandung banyak air ini menjadi salah satu jenis buah dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain antioksidan, semangka juga mengandung glutathione yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.


11. Jahe


Jahe dikenal sebagai salah satu tanaman yang bukan hanya digunakan untuk mempersedap makanan, melainkan juga berguna untuk menghangatkan badan. Jahe bisa digunakan sebagai perangsang sistem kekebalan tubuh serta membersihkan paru-paru dengan cara memicu produksi lendir. Saat tubuh terasa kurang fit dan cepat lelah. Jahe bisa dijadikan solusi sehat dengan cara diseduh. Konsumsi saat masih hangat, dan tubuh akan terhindar dari rasa lelah.


12. Madu


Madu memiliki rasa yang manis dengan kandungan sehat yang bagus untuk kesehatan. Madu juga bisa digunakan sebagai antibiotik dan berperan sebagai antiseptik. Madu berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan bagus untuk menyembuhkan asma. Konsumsi madu secara rutin untuk menghindarkan tubuh dari serangan penyakit supaya aktivitas menjadi lebih lancar.


13. Kacang tanah


Kacang tanah dapat digunakan sebagai teman sehari-hari terlebih di kala senggang. Kacang dapat diolah dan dijadikan sebagai camilan untuk menemani saat anda senggang. Kacang baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang mampu menghindarkan tubuh dari gangguan penyakit. Hebatnya lagi kacang juga mengandung vitamin E, omega-3 serta zinc. Mengonsumsi kacang, membantu tubuh terhindar dari banyak jenis penyakit kronis. 


14. Konsumsi yogurt


Di dalam yogurt terdapat lactobasillus yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker serta infeksi. Selain itu yogurt juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh sehingga mampu menghindarkan tubuh dari infeksi. Dengan tubuh yang sehat maka aktivitas serta kekuatan fisik anda akan lebih baik.


Bukan hanya berolahraga dan melakukan aktivitas peningkat fisik, namun mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu hal yang harus anda penuhi. semoga bermanfaat.

dikutip dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar