Senin, 26 Februari 2024

Rekomendasi Mesin Pencari Jurnal Ilmiah Terbaik!


       

         Dalam melakukan riset, seperti skripsi dan tesis, literature review merupakan langkah yang sangat penting. Dengan literature review, kita dapat menemukan tren-tren akademis terkini, penelitian terdahulu, dan research gap dari topik yang kita ingin teliti. Salah satu sumber literature review yang terjamin kualitas dan relevansinya adalah artikel jurnal ilmiah. berikut adalah uraiannya:

1. Google Scholar


Ketika kamu memikirkan “jurnal ilmiah”, mungkin Google Scholar adalah hal pertama yang muncul dalam pikiranmu. Dalam Google Scholar, kamu dapat menemukan jutaan artikel jurnal ilmiah dalam berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia. Kamu dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan tahun dan jenis artikelnya. Kamu juga dapat langsung melihat jumlah sitasi artikel tersebut untuk mengetahui kredibilitasnya. Setelah mendapatkan hasil pencarian, kamu dapat klik tombol [PDF] di sebelah kanan artikel untuk mengakses artikel yang kamu inginkan. 


2. e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

        Apakah kamu sudah pernah ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)?Untuk membantu para peneliti, Perpusnas online menyediakan akses ke berbagai macam publisher jurnal ilmiah internasional. Untuk mengakses database Perpusnas, kamu dapat melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini. 



3. Sinta (Science and Technology Index) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sinta (Science and Technology Index) adalah indeks jurnal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kita sendiri, lho! Dalam Sinta, kamu dapat menemukan hampir 6000 jurnal nasional yang dapat kamu jadikan referensi juga dalam mencari kondisi penelitian dalam negeri. Kelebihan Sinta adalah kamu dapat mengurutkan jurnal berdasarkan Impact, H5-Index, H-Index, Citations (5-years), dan Total Citations. Setelah kamu menemukan jurnal yang cocok untuk bidangmu, kamu dapat mengakses artikelnya dengan meng-klik judul jurnal atau menjadikan ranking ini acuan ketika kamu mencari artikelnya melalui Garuda.


4. Garuda (Garba Rujukan Digital)  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Sedikit berbeda dengan Sinta, dalam Garuda (Garba Rujukan Digital), kamu dapat langsung mencari artikel jurnal ilmiah nasional sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Apabila kamu ingin mengetahui posisi jurnal tersebut menurut Impact, H5-Index, H-Index, atau Citationnya, kamu dapat kembali merujuk kepada Sinta. Untuk mencari artikel jurnal yang kamu butuhkan, kamu bisa langsung mengetik topik yang kamu butuhkan (contoh: “Accounting”) ke dalam search box, dan hasilnya akan langsung tertera!


5. MDPI

MDPI adalah salah satu publisher jurnal open access terbesar di dunia. Kamu dapat langsung mengunjungi website MDPI dan mencari topik yang kamu inginkan. Jurnal-jurnal MDPI mencakup 10 cabang ilmu: biologi, bisnis dan ekonomi, kimia, computer science & matematika, teknik, ilmu lingkungan dan bumi, kedokteran dan farmasi, physical sciences, kesehatan masyarakat & pelayanan kesehatan, dan ilmu sosial, seni, dan humaniora.


6. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Sesuai dengan namanya, Directory of Open Access Journals (DOAJ) menyediakan belasan ribu jurnal open access yang artikelnya dapat kamu dapatkan secara gratis. Kamu dapat menemukan jutaan artikel dari 500+ bidang ilmu yang dikelompokkan ke dalam 20 kelompok besar, seperti sains, ilmu sosial, dan teknologi. Cukup ketik topik yang kamu inginkan ke dalam kolom “Search” dan kamu akan langsung mendapatkan hasilnya! 



7. ScienceOpen

ScienceOpen memberikan akses kepada lebih dari 74 juta artikel dari 25 ribu jurnal ilmiah secara open access alias gratis. Walaupun namanya sains, kamu dapat menemukan artikel bukan hanya dari bidang IPA saja, lho! Ada juga artikel dari bidang-bidang ilmu sosial seperti manajemen, ekonomi, dan akuntansi. Cukup tulis keyword dari topik yang kamu inginkan dalam search box, dan kamu dapat menyaring hasilnya setelah kamu mendapatkan hasilnya!



8. ResearchGate

Siapa yang tidak tahu ResearchGate? ResearchGate adalah media sosialnya para peneliti. Dalam ResearchGate, kamu dapat menemukan berbagai macam peneliti dan meminta hasil penelitian mereka. Jangan lupa untuk membuat profilmu kredibel dan login menggunakan email kampusmu ya, agar para peneliti mau memberikan hasil penelitiannya!


9. Academia.edu

Seperti ResearchGate, dalam Academia.edu, kamu dapat menemukan ratusan juta peneliti lainnya dan melihat hasil penelitian mereka. Sebelum mengakses hasil penelitian dan bertemu dengan peneliti lain di Academia.edu, kamu harus daftar menggunakan akun Google maupun Facebookmu terlebih dahulu. Setelah itu, baru deh kamu bisa mendapatkan akses ke artikel jurnal gratisnya!




10. ScienceDirect Open Access

ScienceDirect pasti sudah menjadi tujuan banyak orang dalam mencari jurnal ilmiah, namun ada lho cara untuk memastikan bahwa jurnal yang ingin kamu akses itu gratis! Dengan ScienceDirect Open Access, kamu dapat langsung menemukan 1.4 juta artikel jurnal ilmiah yang sepenuhnya open access atau memiliki artikel-artikel open access. Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan 4 bidang ilmu besar: physical sciences and engineering, life sciences, health sciences, dan social sciences and humanities. Langsung saja klik jurnal yang kamu butuhkan dan kamu bisa melihat artikel-artikelnya!


11. Elsevier Open Access

Masih “saudara” dari ScienceDirect, dalam Elsevier Open Access, kamu dapat menemukan jurnal open access alias gratis dari 40+ bidang ilmu, seperti akuntansi, ekonomi, kesehatan, dan teknik. Elsevier Open Access sangat berguna apabila kamu hanya ingin mencari jurnal-jurnal yang kira-kira dapat kamu baca, karena fitur penyaringannya tidak sebagus ScienceDirect.


12. Wiley Open Access

Wiley merupakan publisher jurnal berkelas dunia, dan kamu dapat menemukan jurnal-jurnal ilmiahnya yang tersedia secara gratis di Wiley Open Access. Terdapat jurnal dari 70+ bidang ilmu yang kamu bisa dapatkan secara cuma-cuma di Wiley Open Access. Apabila menurutmu jurnal tersebut cocok, atau kamu sudah tahu bahwa artikel yang kamu butuhkan ada di dalam jurnal tersebut, kamu dapat langsung meng-klik judul jurnal dan kamu bisa langsung melihat artikel-artikelnya!



13. Emerald Insight Open Access

Emerald adalah salah satu tujuan utama para peneliti untuk mencari jurnal, namun banyak dari jurnalnya yang membutuhkan subscription yang tidak murah. Untungnya, seperti penerbit-penerbit lain, Emerald memiliki banyak jurnal gratis dalam Emerald Insight Open Access! Terdapat 7000+ artikel dari berbagai macam bidang ilmu yang dapat kamu temukan di Emerald Insight Open Access. Kamu dapat dengan mudah mencari topik yang kamu butuhkan dan saring hasilnya (di dalam “Access Type”) menjadi “Only Open Access”, dan kamu akan langsung mendapatkan artikel jurnal gratis untuk penelitianmu!



14. SAGE Open

SAGE juga merupakan penerbit jurnal ilmiah internasional yang pasti sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Untuk artikel gratis dari SAGE, kamu dapat menemukannya di SAGE Open. Terdapat 4000+ artikel jurnal ilmiah gratis yang dapat kamu temukan dari 80+ bidang ilmu, seperti bisnis dan manajemen, ilmu politik, psikologi, dan masih banyak lagi. Cukup ketik keyword dari topik yang kamu inginkan dan kamu dapat menyaring hasilnya dengan fitur “Filter Results”. Mudah, bukan?


15. SpringerOpen

Seperti penerbit jurnal ilmiah lain, Springer juga menyediakan artikel jurnal gratis melalui SpringerOpen. Di SpringerOpen, kamu bisa menemukan artikel gratis dari 20 bidang ilmu, seperti bisnis dan manajemen, ekonomi, teknik, lingkungan, psikologi, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal meng-klik tombol “Search” di bagian atas laman untuk mencari artikel dari topik yang kamu butuhkan, lalu kamu dapat mengurutkannya berdasarkan relevansi atau tanggal. Jika ada artikel yang menarik, kamu bisa mengakses artikel lengkapnya dengan memilih “Full Text” atau “PDF”. Anti ribet!

demikianlah, semoga bermanfaat. diakses dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar