Senin, 05 Februari 2024

Menjaga Tubuh agar Tetap Bugar

        Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari bahaya penyakit sekaligus membuat kesehatan fisik tetap bugar, yaitu: 

1. Perbanyak antioksidan

Mengonsumsi banyak antioksidan merupakan langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan tubuh dari banyaknya kuman dan bakteri yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Antioksidan merupakan zat yang begitu penting bagi tubuh terutama untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas, merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit kronis seperti kanker, gangguan pada pembuluh darah atau radang di bagian sendi.



Radikal bebas dapat menyerang pertahanan tubuh kita kapan saja dan jika daya tahan tubuh lemah maka tubuh dapat dengan mudah digerogoti penyakit. Inilah kenapa mencukupi kebutuhan antioksidan dalam tubuh merupakan hal yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan. Daya tahan tubuh yang kuat maka virus flu dan infeksi kuman lainnya akan lewat. 


2. Cukupi kebutuhan air

Tahukah anda betapa pentingnya asupan air bagi tubuh manusia? Perlu diketahui tubuh terdiri dari 70% air yang ketika kita kekurangan air tersebut, tubuh akan menjadi lebih mudah sakit. Memperbanyak konsumsi air minum juga dapat menjaga tubuh dari gangguan dehidrasi yang berakibat pada mudah stres, sering sakit kepala, kelelahan serta penyebab migrain.



Mencukupi kebutuhan tubuh akan air memiliki banyak manfaat seperti membantu anda tetap fokus dan menjaga tubuh dari bahaya serangan bakteri dan virus sehingga tubuh akan meningkat kekuatan fisiknya. Bagi anda yang gemar bepergian atau mungkin saat kerja atau sekolah, bawa selalu air minum di tas anda. Jika sewaktu-waktu anda merasa lelah atau mungkin pikiran kacau akibat bahaya dehidrasi, lekas konsumsi air yang anda bawa.


3. Sediakan buah dan sayuran di rumah

Makanan yang paling bagus dalam menyegarkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kekuatan fisik menjadi lebih baik adalah buah dan sayur segar. Sayur dan buah merupakan bahan makanan alami yang bisa dijadikan sebagai menu pilihan untuk dikonsumsi secara rutin tiap hari. Cara terbaik untuk mendapatkan kandungan gizi secara maksimal dari sayur dan buah adalah mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Namun jika anda tidak cocok dengan menu tersebut maka sebaiknya anda merebusnya terlebih dahulu. Ingat untuk tidak merebusnya dalam waktu yang lama.



Sayuran yang dimasak terlalu lama, bisa kehilangan zat dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Alhasil kandungan gizinyapun menjadi kurang maksimal. Jika sudah demikian, maka tubuh akan mudah sakit sehingga kondisi fisik tidak lagi prima.


4. Hindari alkohol dan merokok

Merokok dan konsumsi alkohol, merupakan dua kebiasaan yang sulit dihilangkan terutama bagi anda yang telah terlanjur mengenalnya. Kedua kebiasaan ini, merupakan biang kerok dari banyak jenis penyakit bahkan jenis penyakit yang berbahaya sekalipun. Mengonsumsi alkohol terutama saat menjelang tidur merupakan kebiasaan buruk terlebih 3 atau 4 jam sebelum anda beranjak tidur.



Nikotin merupakan zat yang dapat menciptakan banyak masalah kesehatan seperti insomnia dan tekanan darah yang meningkat. Jika kebiasan ini berlanjut maka fisik anda akan menjadi lebih mudah lelah dan lemas. Alhasil kinerja apapun yang anda lakukan, hasilnya juga tidak akan maksimal. 


6. Lakukan peregangan

Saat anda melakukan jenis pekerjaan yang manual, pastikan jika anda beristirahat meski hanya sekedar 5 menit saja. Terutama saat anda melakukan pekerjaan kantor, maka duduk sepanjang hari di depan layar monitor kerja dapat membuat anda mengalami pegal-pegal dan penurunan kekuatan fisk. Mengantisipasi hal ini, anda bisa bangun dan meluruskan kaki, lengan serta tangan anda. Lakukan peregangan untuk memberi tubuh lebih banyak energi sekaligus merilekskan otot anda yang pegal. 



7. Jaga mood anda

Suasana hati dan energi ternyata saling berkaitan satu sama lain. Bagi anda yang berada dalam suasaha hati yang buruk umumnya penurunan energi terjadi. Alhasil kinerja tidak maksimal. Namun ketika suasana hati anda baik maka anda juga akan lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. 



8. Ikuti jam tubuh anda

Setiap orang memiiki jam tubuhnya masing-masing. Untuk itu penting bagi anda untuk mentolerasi jam tubuh anda sendiri. Ada beberapa orang yang kekuatan fisiknya bagus di pagi hari namun beberapa tipe orang, kekuatan fisiknya baik di kala sore atau malam harinya. Langkah untuk mengetahui waktu optimal anda sendiri adalah dengan cara menjaga jadwal harian anda secara teratur mulai dari kebiasaan makan, tidur dan bangun di waktu yang sama pada tiap harinya. Saat anda sudah tahu kapan waktu terbaik bagi tubuh, maka anda dapat meningkatkan produktivitas anda saat anda dalam kondisi optimal tersebut. 



9. Dengarkan musik favorit

Langkah sederhana dalam meningkatkan fisik yang selanjutnya adalah dengan cara mendengarkan musik. Telah dilakukan banyak penelitian, jika ternyata musik dan energi memiliki kaitan yang cukup erat. Suara dari frekuensi yang tinggi akan mampu memberikan energi yang secara efektif dapat mengalihkan rasa lelah seseorang. Penuhi ipod atau ponsel anda dengan lagu-lagu pembangkit semangat yang bisa anda dengarkan untuk memperoleh energi ekstra saat anda membutuhkannya. 



10. Istirahat yang cukup

Banyak orang yang menganggap tidur selama 7 hingga 8 jam dalam sehari dapat membuat produktivitas mereka menurun. Alhasil banyak pekerja serta pelajar yang lebih memiliki begadang supaya target yang mereka inginkan segera tercapai. Namun tahukah anda jika kegiatan tersebut nyatanya sangat merugikan fisik serta mental anda?



Mereka yang kurang tidur biasanya lebih mudah emosi serta keadaan fisik yang mudah terkena penyakit. Tidur merupakan kegiatan positif yang dapat meremajakan kekuatan pikiran serta tubuh anda. Tidur juga bisa mengurangi resiko datangnya penyakit layaknya gejala flu dan jenis penyakit lain. Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit. 


disadur dari https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-tubuh/cara-meningkatkan-fisik-dengan-cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar